Sabtu, 31 Maret 2012

Mengatasi gangguan Psikis / kejiwaan melalui ritual keagamaan/ kepercayaan masing masing

agama merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam penanganan gangguan jiwa. Pemanfaatan konsep agama ini dilakukan melalui terapi holistik yang melibatkan penanganan biologi, psikologi, sosial dan spiritual. Hal ini disampaikan oleh Prof Dr dr Dadang Hawari, Psikiater ahli kejiwaan.
Sebenarnya penanganan melalui agama sudah banyak dilakukan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan konsep keagamaan kedudukannya sama dengan dimensi fisik, psikologis, dan psikososial.
Menurut Hawari, setiap dokter sebaiknya perlu untuk memandang kondisi seseorang secara holistik, seperti, fisik, jiwa, dan juga agama. Selama ini, konsep agama sangat membantu penanganan pasien kejiwaan.
Seperti yang kita tahu, kata Prof Hawari, semua agama pada dasarnya sama. Semua itu memberikan anjuran dan larangan bagi pengikut agama untuk hidup dengan benar. Bila setiap pemeluk agama mengikuti ajaran agama masing-masing, maka mereka seharusnya bisa mengendalikan diri dan terhindari dari penyimpangan perilaku.

Bahkan dalam agama juga melarang perilaku yang menyimpang seperti mengkonsumsi narkotika, minuman memabukkan yang berpotensi merusak jiwa, bermain judi merusak nilai moral, mencuri termasuk korupsi, dan bermain perempuan, dan penyimpangan seksual lainnya.

Oleh karena itu, pemeluk agama pun harus mengikuti ajaran agamanya dengan taat, sebab agama merupakan seperangkat aturan yang mencegah manusia terkena kerugian materiil, penyimpangan perilaku dan gangguan jiwa. (mba-kmp)

Agama sangat berperan penting terhadap kesehatan mental manusia. Jiwa seseorang sedang terganggu atau adanya gangguan mental jika ia jauh dari agama.  Hal tersebut mengakibatkan jiwanya resah tak menentu bak cando balam baru basangkak, yang  berdampak terhadap jasmaninya.hal tersebut dapat kita lihat dari perasaan takut , kehilangan nafsu makan atau susah tidur yang dirasakan oleh manusia tersebut. Situasi  kesal dan jengkel, jantung seseorang bisa  berdetak lebih kencang dan tidak normal, sehingga istilah sakik ati dan makan ati, mencerminkan adanya hubungan timbale balik antara jiwa(mental/rohani) dengan jasmani manusia.

Gangguan jiwa yang menyiksa manusia, menjadikan agama sebagai tempat yang pas dalam melakukan semua pengaduan atas semua permasalahan yang menimpa. Agamalah yang mampu sebagai obat penawar  yang teramat ampuh untuk menyembuhkannya,  karena agama memberikan bimbingan rohani bagi manusia baik di kala suka, maupun di kala duka. Saat  hati gelisah, jiwa tak tenang lantaran persoalan dunia, maka dengan mengingat Allah jiwa akan tenang sebagaimana firman Allah SWT dalam QS.Ar-Ra’d 28 yang artinya  “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Ayat di atas sangat jelas bahwa agama sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Agama diibaratkan seperti alat musik, seandainya kita mempelajari dan memainkan alat musik tersebut dengan baik dan benar, tentu  alat musik tersebut enak didengar dan memberikan rasa kedamaian terhadap jiwa kita, namun   sebaliknya apabila kita memainkannya tidak baik, maka alat musik tersebut tidak enak didengar (bising) dan  memberikan rasa tidak nyaman terhadap kita, Begitu juga agama, kalu kita mempelajari dan menjalankan agama dengan baik, tentu agama akan memberikan rasa nyaman dan tentram terhadap kita, tetapi sebaliknya apabila mempelajari agama tidak benar dan tidak menjalankan agama dengan baik, maka agama akan menjadi penghalang dan meresahkan bagi kita.

Jiwa keberagamaan untuk anak harus di tanamkan sejak anak masih dalam kandungan. Tapi terkadang faktanya berbeda dari yang diharapkan, sehingga kita tidak bisa menyalahkan siapapun dalam hidup ini. Dalam adat minangkabau sendiri “adat basandi syara’, syara’ basandi kitabullah” sudah mulai memudar. hal ini dapat kita lihat dari hal kecil yang terjadi disekitar kita, seperti tradisi salat ke surau yang sudah mulai memudar, kita tidak mau lagi kembali ke surau. Siapa yang salah dan siapa yang harus disalahkan? lebih baik ini kita kembalikan kepada diri kita sendiri (introspeksi diri).

Bagaimana cara  pengobatan gangguan jiwa  dengan agama?  Itu gampang, tergantung keyakinan dan cara kita menyikapinya. Penulis punya metode dalam mengobati gangguan jiwa, dengan menggunakan agama sebagai obatnya, yaitu ketika kita merasakan gelisah dihati dikarenakan ada masalah, baik masalah keluarga,  teman,maupun masalah pacaran yang mengakibatkan kita sakik ati atau makan ati, susah tidur, bahkan tidak nafsu makan.

Hal yang pertama sekali yang harus kita lakukan adalah ingat kepada Allah SWT dan menyakini bahwa ini terjadi dengan izin dari pada Allah SWT. Kemudian dilarang keras untuk meratapi apa-apa yang akan terjadi, selanjutnya kalau masalah kita begini,  dan kita harus menyakini bahwa Allah tidak akan membebani hambanya kecuali sesuai dengan kesanggupannya (Qs. Al-Baqarah 286) dan setiap penciptaan makhluk ataupun kejadian tidak pernah Allah sia-sia karena pasti ada hikmahnya. Kemudian memperbanyak membaca Al-Qur’an dan mengerjakan shalat sunnat(Qs. Al-Baqarah 153).Kalau sudah begitu, pasti kita akan sabar dan iklas menerima cobaan. Dan insyaAllah gangguan jiwa pada diri manusia akan terobati. Intinya keyakinan, keikhlasan dan kesabaran

Tingkat Keadilan Hukum di Indonesia

sebelum kita membahas tentang Tingkat Keadilan Hukum di Indonesia. mari kita bahas terlebih dahulu,
Apa itu Hukum ?

Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan di mana mereka yang akan dipilih. Administratif hukum digunakan untuk meninjau kembali keputusan dari pemerintah, sementara hukum internasional mengatur persoalan antara berdaulat negara dalam kegiatan mulai dari perdagangan lingkungan peraturan atau tindakan militer. filsuf Aristotle menyatakan bahwa "Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela."

bukankah Indonesia itu merupakan Negara Hukum tapi mengapa justru kita berada diurutan ke - 5 Negara TerKORUP SEDUNIA dan berada diurutan PERTAMA SE-ASIA PASIFIK. sungguh menyedihkan sekali, dimana yang kuat yang menang. jarang sekali ada yang mementingkan kebenaran. selalu saja uang uang uang. keadilan pun dapat dibeli dengan uang. dapat kita lihat di media elektronik, para pejabat - pejabat yang melakukan koruptor dipenjara dengan fasilitas yang sangat melebihi apa yang seharusnya mereka dapatkan karena telah mengambil uang rakyat, uang dari mereka yang kekurangan. itulah sebabnya mengapa hukum di indonesia harus lebih diperketat lagi. Hukum Indonesia dinilai belum mampu memberikan keadilan kepada masyarakat yang tertindas. Justru sebaliknya, hukum menjadi alat bagi pemegang kekuasaan untuk bertindak semena-mena. hukum yang seharusnya itu adalah jika seseorang melakukan yang keterlaluan dan yang mengharuskan ia mendapatkan balasan yang setimpal atas perbuatannya tanpa memandang bulu, tanpa melihat siapa yang akan diadili oleh hukum. bagaimana negara kita mau maju jika para petinggi, para pemegang kekuasaan yamg malah berbuat curang terhadap negara yang ia abdi. jika para petinggi pun seperti itu apalagi rakyatnya. rakyat pun tentu akan berpikiran "buat apa saya mematuhi tata tertib atau hukum yang berlaku sedangkan para pejabat bersenag-senang melihat penderitaan rakyat". rakyat indonesia pun akan sangat mendukung apabila para petinggi yang terlebih dahulu mematuhi peraturan, tidak melanggar hukum dan harus mau dihukum jika mereka melakukan kesalahan. mau jadi apa bangsa kita jika hukum dinegara yang kita tinggali hanya sebatas pernyataan tertulis saja ? tanpa ada aplikasi yang jelas. maka dari itu, mari kita bangun negara kita dimulai dengan diri sendiri. dengan mematuhi tata tertib dan hukum yang berlaku.

MAKA DARI ITU MARI KITA BERANTAS KORUPSI DIMULAI DARI DIRI KITA SENDIRI !!

Kamis, 29 Maret 2012

Idealisme Keindahan Moral Pada Generasi Muda

jaman semakin modern, semua mengalami perubahan mulai dari cara berpakaian, tutur kata, tindakan, berperi laku. semua norma norma kebaikan semakin berkurang di jaman yang modern ini, terutama pada generasi muda. moral para generasi muda kita semakin menurun. apa itu moral ??

Moral adalah perbuatan yang dilakukan sesuai aturan atau dengan akidah-akidah yang ada di masyarakat sesuai dengan norma-norma yang ada. Atau dengan kata lain, moral adalah etika dari masing-masing orang. banyak sekali penyimpangan yang terjadi pada generasi muda kita entah itu tauran, mabuk-mabukan, obat-obatan, pergaulan bebas. banyak sekali contoh yang sudah terjadi pada generasi muda kita.

seseorang akan memiliki moral yang baik apabila ia mendapatkan didikan yang baik sejak dini yang diajarkan oleh orang tuanya. lingkungan yang baik, pergaulan yang baik. Mulailah sesuatu dengan niat yang baik maka semua akan berjalan baik dan lancar. jaga hati jaga pikiran agar kita terhindar dari sesuatu yang buruk .

Selasa, 27 Maret 2012

Apa itu DELPHI ??

DELPHI

Delphi merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bekerja di bawah lingkup sistem operasi windows, di mana Delphi memberikan fasilitas-fasilitas pembuatan aplikasi visual seperti Visual Basic. Dengan menggunakan Delphi dapat membuat aplikasi berbasis Windows dengan beberapa keunggulan, yaitu pada produktivitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang menarik serta diperkuat dengan bahasa pemrograman yang terstruktur dalam struktur bahasa pemrograman object Pascal.

Berbeda dengan pascal, pada Delphi kita akan mengenal OOP (Object oriented programming), jadi bila pada pascal kita akan melihat tampilan yang menjemukan, pada Delphi kita bisa mengatur tampilan kita semenarik mungkin pada form yang kita gunakan. Caranya cukup mudah, kita hanya menaruh komponen-komponen yang kita inginkan pada form tersebut, dan memfungsikan masing-masing komponen sesuai dengan yang kita inginkan.

IDE (Integrated Development Environment)
Merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain, menjalankan dan menguji sebuah aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program. (lihat gambar 1.1)

Gambar 1.1

·   Main Window (Jendela Utama)
Jendela utama adalah bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi windows lainnya. Jendela utama Delphi terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Main Menu, Toolbar, dan Component Palette. (gambar 1.2)

Gambar 1.2

·   Main Menu (Menu Utama)
Menu pada Delphi memiliki kegunaan yang sama seperti menu pada aplikasi windows. Dengan menggunakan fasilitas menu, Anda dapat memanggil atau menyimpan program, sehingga pada dasarnya semua perintah yang dikerjakan dapat ditemukan pada bagian menu utama. Nama-nama menu ditampilkan pada bagian menu bar yang terdapat pada bagian atas layar. Untuk bekerja dengan menggunakan menu, dapat menggunakan fasilitas mouse maupun keyboard.

·   Toolbar
Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi untuk menggantikan suatu perintah menu yang sering digunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, terdapat enam bagian toolbar, antara lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.

·   Component palette
Berisi sekumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada component palette terdapat beberapa page control seperti standard, additional, Win32, System, Data Access, dan lain-lain seperti gambar 1.3.

Gambar 1.3

Komponen ini merupakan sebuah procedure/program yang sudah di kompile dan langsung dapat digunakan, sesuai dengan fungsinya masing-masing.
Untuk menggunakan komponen ini kita dapat meng-klik komponen yang diinginkan, kemudian kita klik di form, maka komponen tersebut akan muncul di form.

Kegunaan beberapa komponen :
a.    pointer
komponen khusus dan terdapat di setiap tab dalam component palette. Komponen pointer adalah komponen select yang digunakan untuk memilih komponen-komponen dalam form designer.
b.    Frames
Sebuah kontainer yang digunakan untuk menampung komponen. Frame dapat diletakkan dalam form atau frame-frame  yang lain.
c.    Main menu
        komponen yang digunakan untuk membuat menubar dan menu drop down, bersifat invisible.
d.    PopupMenu
Popup Menu berfungsi sebagai perintah yagn aktif bila kita meng-klik kanan mouse, Untuk mengaktifkannya kita harus mengaktifkan popup menu pada komponen yang dinginkan, caranya : ubah pada object inspector.
e.    Label
Digunakan untuk menambah teks di dalam form.
f.     Edit
        Edit berfungsi sebagai masukan data (input) dalam bentuk string, dari bentuk string ini kita dapat mengolahnya menjadi bentuk integer atau bentuk lainnya. Yang kemudian dapat digunakan untuk operasi selanjutnya.  
g.    Memo
Dipakai untuk memasukkan atau menampilkan beberapa baris teks di dalam form.
h.    Button/ Bitbtn
Biasa digunakan sebagai tombol kendali. Perbedaan antara bitbtn dengan btn : pada bitbtn kita dapat menyisipkan warna pada tombol dan icon tertentu, lain halnya bila kita menggunakan btn.
i.      ComboBox
Combo Box berfungsi sebagai petunjuk untuk pemilihan berbagai masukan, di mana hanya ada satu pilihan yang dapat dipilih.
j.      CheckBox
Digunakan untuk memilih atau membatalkan suatu pilihan, yaitu dengan cara mengklik komponen.
k.    RadioButton
Prinsip kerjanya hampir sama dengan check box, cuma tampilannya saja yang berbeda.
l.      listbox
digunakan untuk membuat sebuah daftar option, di mana hanya ada satu option yang dapat dipilih.
m.   scrollbar
mempunyai fungsi sama seperti batang penggulung yang terdapat dalam program-program berbasis windows pada umumnya.
n.    groupbox
sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk mengelompokkan komponen-komponen lain seperti radio button, checkbox, dan sebagainya.
o.    radiogroup
merupakan kombinasi dari groupbox yang didesain untuk membuat sekelompok radiobutton.
p.    panel
sebuah kontainer yang dapat digunakan untuk membuat status bar, toolbar, dan tool palette.
q.    actionlist
komponen yang berisi daftar action yang digunakan bersama-sama dengan komponen dan kontrol seperti item menu dan button.
r.     Chart
Data-data yang telah kita analisa, dapat kita tampilkan ke dalam grafik, sehinga memudahkan kita untuk menganalisanya.
s.     Stringgrid
Stringgrid berguna untuk menaruh data string kedalam bentuk kolom tabel, seperti pada Excel. Kita harus mengubah type data ke dalam bentuk string bila data yang ingin kita tampilkan data bukan string.
t.      Media Player
Biasa digunakan untuk mennyalakan atau memainkan musik (format wav atau midi) dan menjalankan film (format avi).
u.    Timer
Timer berfungsi sebagai jam yang telah disediakan Delphi. Dengan timer kita juga dapat mendecode time, sehingga dapat terjadi akusisi data.
v.    Clientsocket
Digunakan di client pada saat koneksi ke server.
w.   Serversocket
Digunakan di server, yang akan menyediakan layanan koneksi ke client.

·   Form Designer
Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari component palette. Pada saat memulai Delphi, Delphi akan memberikan sebuah form kosong disebut Form1. (gambar 1.4)
Gambar 1.4

Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam form, dan gerakan pointer mouse akan disesuaikan dengan posisi titik-titik grid.
Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form, komponen-komponen yang terletak dalam form dapat dikendalikan dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.

Unit
Setiap perubahan pada form akan berakibat perubahan pada unit yang kita miliki, Untuk pindah dari form ke unit, anda bisa tekan F12.
Berikut ini adalah bentuk unit yang diberikan Delphi saat pertama kita membuka sebuah form.
 unit Unit1;
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Classes, Graphics, Controls, Forms, Dialogs;
type
TForm1 = class(TForm)
private
{ Private declarations }
public
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.DFM}
end

·   Object Inspector
Digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen, terdiri dari dua tab, yaitu  properties dan events. (gambar 1.5)

Gambar 1.5
-       Tab properties , digunakan untuk mengubah properti komponen. Properti dengan tanda + menunjukkan bahwa properti tersebut mempunyai subproperti. Klik pada posisi tanda + untuk membuka subproperti.
-       Tab events, bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani kejadian-kejadian (berupa sebuah procedure) yang dapat direspon oleh sebuah komponen. Contoh, jika ingin suatu kejadian dikerjakan pada saat komponen tersebut diklik, maka dapat dituliskan kode program tersebut pada bagian OnClick.

Sebuah Property tidak lain adalah sebuah nama/variabel milik sebuah objek/komponen misal Caption.
Text yang dapat diubah nilai baik melalui object Inspector atau melalui program.

Beberapa contoh pada Property :
        􀂙 Font
Menunjukan font yang akan kita gunakan. Dalam menu ini juga terdapat macam-macam font berikut style dan ukurannya.
        􀂙 Caption
Merupakan judul dari form itu. Perhatikan perbedaannya dengan name.
        􀂙 Name
Merupakan nama dari komponen itu. Biasanya bila kita mengambil sebuah komponen, Delphi otomatis menyediakan nama sesuai dengan nama komponen tersebut. Namun nama ini dapat dengan mudah kita ubah agar mudah mengingatnya. Berbeda dengan caption pada caption kita tidak mengubah nama componen, melainkan hanya mengubah juduk yang tertera pada komponen tersebut. Sehingga bila kita ingin menggunakan komponen tersebut, yang kita gunakan adalah namanya, dan bukan nama pada caption.
        􀂙 Enabled
Menunjukan bahwa komponen ini bisa digunakan atau tidak. Perintah ini cukup penting bila kita tidak ingin user menekan tombol yang tidak diinginkan.
        􀂙 Height
Merupakan tinggi dari komponen yang bakalan kita taruh pada form, atau komponen lainnya.
        􀂙 Width
Merupakan lebar komoponen.
        􀂙 Popup menu
Fungsi ini berguna saat kita mengkilik kanan dan akan tampil perintah. Pada penggunaanya kita mengambuil komponen popup menu dan menset popup menu pada form.
        􀂙 Auto size
Fungsi ini berisi mengenai apakah form yang kita mil;iki bisa diperbesar atau tidak.
        􀂙 Text
Biasanya tedapat pada komponen edit dan mask edit. Kegunaanya untuk menaruh kata-kata pada komonen ini.
        􀂙 Color
Warna pada komponen. Kita dapat mengubah warna-warna tiap komponen (hanya yang disediakan) dengan point ini.
        􀂙 Visible
Berfungsi untuk menampilkan dan tidak menampilkan komponen yang kita inginkan.
        􀂙 Hint
Bila kursor kita diatas komponen, maka akan muncul suatu keterangan. Keterangan ini yang disebut dengan hint. Jangan lupa untuk mengganti properti show hint menjadi tru untuk mengaktifkannya.
        􀂙 Borderstyle
Menunjukan berbagai macam bingkai yang diinginkan.
Masih banyak properti lainnya, bisa dipelajari lebih lanjut.
Dengan Object inspector kita juga dapat menentukan event apa yang akan kita buat dengan komponen tersebut.
Sebuah Event adalah sebuah aksi pengguna (User Action) misal Mouse Click, KeyPressed. Setiap Events diawali dengan kata ‘On’.
Beberapa contoh event:
        􀂙 Onclick
Bila kita mengklik komponen tersebut maka prosedur yang kita inginkan akan dijalankan oleh program tersebut.
        􀂙 Onkeypress
Bila kita menekan suatu key (tombol) maka komponen tersebut akan aktif. Perlu diperhatikan pada event ini, delphi mengenal character yang kita tekan melalui kode yang masuk kedalam variabel key. Lihat contoh ini.
procedure TForm1.Edit1KeyPress(Sender: TObject; var Key: Char);
begin
if key =#13 then .....(isikan perintah)
end;
Bila key =#13 (enter) maka perintah yang ikuti akan dijalankan.
Sebuah method adalah sebuah function/fungsi yang tergabung dalam sebuah objek. Contoh ListBox (dapat berarti sebuah array of strings) yang memiliki Method (Clear) yang membuat Listbox tersebut menjadi kosong. CLEAR adalah sebuah Method pada ListBox tersebut.

·   Code Editor
Merupakan tempat di mana kode program dituliskan. Pada bagian ini dapat dituliskan pernyataan-pernyataan dalam object pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah  tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan program. (gambar 1.6)

Gambar 1.6
Code editor diliengkapi dengan fasilitas highlight yang memudahkan pemakai menemukan kesalahan. Title bar yang terletak pada bagian atas jendela code editor menunjukkan nama file yang sedang disunting, sementara pada bagian bawah terdapat tiga bagian informasi yang perlu untuk diperhatikan, yaitu :
1.    Nomor baris/kolom yang terletak pada bagian paling kiri, berfungsi untuk menunjukkan posisi kursor di dalam jendela code editor.
2.    Text Modified menunjukkan bahwa file yang sedang disunting telah mengalami perubahan dan perubahan tersebut belum disimpan. Teks ini akan hilang jika perubahan telah disimpan.
3.    Insert/overwite yang terletak pada bagian paling kanan menunjukkan modus pengetikan teks dalam jendela code editor. Insert menunjukkan bahwa modus penyisipan teks dalam keadaan aktif, sedang overwrite menunjukkan bahwa modus penimpaan teks dalam keadaan aktif. Tekan tombol insert untuk mengubah keadaan insert menjadi overwrite dan sebaliknya.

      File-file pada Delphi :
        􀂙 *.pas
Merupakan source file, disini akan disimpan kode pascal yang kita tulis.
        􀂙 *.dpr
Merupakan project file. Sebagai project file, file ini berguna untuk meggabungkan satu atau lebih file-file source (*.pas).
        􀂙 *.dcu (Delphi compiled Unit)
Pada saat kita membuat sebuah aplikasi, Delphi akan membuat file ini. File ini berfungsi untuk me-link-kan kita dengan file lain (*.dcu) sehingga kita bisa membuat beberapa form yang terhubung satu dengan yang lainnya.
        􀂙 *.dfm (Delpi Form)
File ini berisi informasi mengenai data-data form.
        􀂙 *.res (Windows Resources)
        File ini merupakan file biner yang berisi sebuah ikon yang digunakan oleh project. File ini secara terus-menerus di update atau diubah oleh Delphi sehingga file ini tidak bisa diubah oleh pemakai.
        􀂙 *.dof (Delphi project options)
Kita dapat mengubah icon aplikasi tersebut, dan datanya disimpan pada file ini.
        􀂙 *.exe
Merupakan appllication file setelah kita compile program kita.


Dasar pembuatan Program
Adapun langkah-langkah dasar yang harus ditempuh untuk membuat program aplikasi dan yang perlu dipahami oleh pemakai Delphi adalah :
  1. menyiapkan media untuk membuat program yang sering disebut dengan project. Pembuatan project baru secara otomatis akan membentuk sebuah form kosong, membuka lembar code editor dan beberapa bagian lain  yang mendukung pembuatan sebuah program aplikasi.
  2. gambarlah komponen dan tata letak ke dalam jendela form dengan menggunakan ikon-ikon komponen dalam component palette.
  3. tentukan properti pada setiap komponen dengan menggunakan lembar kerja properties pada jendela object inspector.
  4. tulislah kode program untuk event pada komponen yang diinginkan pada jendela code editor.
  5. untuk menjalankan program dapan menekan tombol F9 dikeyboard atau dari Menu Run.


LATIHAN
1.    Buatlah program dengan tampilan sebagai berikut :
-       Form 1

Ubah Properti sesuai degan kebutuhan.
Jika Button Mulai diklik maka akan tampil form2 dengan tampilan :


Jika button proses diklik maka data yang telah diinput akan mengalami perubahan sebagai berikut :

Jika button keluar diklik maka keluar dari program.